8 Pekerjaan Anak Kos Yang bisa Menulis

Pekerjaan anak kos - Kegiatan anak kost ternyata beragam. Mulai urusan harian, seperti makan minum, uang pulsa, transportasi hingga kebutuhan bulanan seperti bayar kos.Selalu menghantui. Belum lagi punya pacar, tiap malam minggu ngajak jalan. Kebayangkan berapa duwet yang harus dikeluarkan setiap bulan. Lantas, pemasukan itu dari mana wahai anak kos?



Ternyata ada tiga pemasukan anak kos. Pertama, mengandalkan kiriman orang tua. Kedua, dapat beasiswa dan ketiga bekerja. untuk yang pertama dan kedua tidak akan dibahas disini, kita akan membahas yang ketiga yaitu tentang bekerja. Bekerja sebagai upaya untuk survive di perantauan atau bekerja untuk menumpuk modal? Jawabannya ada di kamu sendiri ya, tapi kali ini redaksi akan berbagi informasi tentang peluang pekerjaan yang bisa di sambi oleh anak kost.


SEBAGAI NOTULENSI

Istilah notulensi, atau dokumentasi dalam bentuk tulisan ini tak asing bagi kamu yang ikut organisasi atau bekerja di LSM. Jadi, jika ada teman atau lembaga meminta kamu menjadi notulensi, jangan ragu, lansung sikat saja. Terutama diacara-acara seminar , workshop atau pelatihan, karena honor yang didapat lumayan memuaskan. Sehari saja kamu bisa digaji antara 300 ribu sampai 600 ribu, tergantung siapa yang mengadakan. Untuk mendapatkan informasi ini perbanyak pergaulan dengan orang organisasi atau LSM. Modalnya cukup satu memiliki kemampuan nulis yang cepat dan telaten.
SEBAGAI PENULIS BUKU

Industri perbukuan di Indonesia semakin gencar, persaingan semakin ketat, banyak penerbit yang mencari dan memerlukan naskah untuk diterbitkan. Biasanya ada dua cara, pertama penerbit meminta tulisan pada penulis buku. Kedua penulis buku mengirimkan naskah pada penerbit.

Nah, bila kamu punya tulisan atau naskha baik itu puisi, cerpen, atau kumpulan status jangan ragu ajukan ke penerbit (yang memiliki konsen sama dengan tulisanmu) siapa tahu tulisanmu yang mereka butuhkan. Atau kalau kamu punya kenalan penerbit jangan takut mintalah naskah kepada mereka untuk kamu tulis menjadi sebuah buku. Di Yogyakarta kamu bisa mengirim dan meminta naskah ke penerbit macam Diva Press. Sebelum kamu ke penerbit Diva Press coba kamu rayu dulu cak Edy Mulyono karena dia lah CEOnya.

SEBAGAI EDITOR

Editor buku atau konten biasanya ada dua, ada yang full time, ngantor dan ada pula yang freelance artinya garapan naskahnya bisa dikerjakan di dalam kamar kos atau dimanapun berada. Untuk mendapatkan informasi ini kamu harus punya jaringan yang kuat di lingkungan penerbitan atau perbukuan, dan satu lagi kamu siapkan diri dengan kemampuan dan kecermatan dalam mengedit. nanti akan ada tawaran sendiri kok. atau kamu pasang iklan sendiri juga boleh.

IKUT LOMBA MENULIS

Banyak sekali lomba menulis yang diselenggarakan lo, tapi mungkin kamunya saja yang kurang begitu update entah karena malas atau kurang usaha (sama aja mas). Lomba menulis biasanya, lomba karya ilmiah, lomba artikel dan lomba cerpen atau puisi. banyak kok info lomba lomba seperti itu, cari aja di google atau di sosmed, pasti ada.

SEBAGAI PENERJEMAH

Jangan salah ternyata banyak penerbit, lembaga maupun perusahaan yang membutuhkan penerjemah untuk kepentingan akademik maupun profit. Untuk bekerja ini kamu harus menguasai bahasa selain indonesia ya. ini harus, Minimal bahasa arab, inggris dan mandari. banyak loh peluang nerjemahin ini salah satunya di Nerjemahin.com, sebuah portal bisnis dibidang terjemahan baik untuk skripsi, tesis atau nahkan lainnya.

PENULIS MEDIA MASSA

Di Jogja saya menemukan mahasiswa atau anak kos yang menulis untuk media massa, karena keuntungannya doble, dapat uang dari media juga nama. Honor yang didapat pun beragam mulai dari 50 ribu sampai 1 juta per tulisan. Wau bukan. Honor ini tergantung media yang memuat tulisan kamu. Kamu bisa cek daftar honornya disini (daftar honor media).

Caranya cukup mudah, kamu bisa nulis cerpen, puisi, opini maupun resensi? kemudian kirim ke email media massa yang kamu kehendaki. Tunggu jika tulisan kamu dimuat nanti kamu akan mendapat konfirmasi dan honor langsung dikiirim ke rekening pribadimu. Senior saya yang masih rajin menulis di media massa adalah Muhammadun As dan Djoko Wahyono. Kamu bisa konsultasi kepada beliau berdua. Insya Allah mereak akan menjawab dengan baik dan memuaskan.

SEBAGAI CONTENT WRITER

Meski pekerjaan ini tidak bisa di jadikan sebagai penghasilan utama, tapi setidaknya lumayan buat uang jajan dan biaya koneksi internet kamu selama ini. Jika kamu sukanya bekerja dalam kos, pekerjaan ini cocok buat kamu, karena semua bisa kamu kerjakan tidak harus di kantor. Cara kerjanya kalau tidak salah, cukup kamu mendaftarkan email dan setiap hari kamu akan di kasih email yang berisi tentang judul/tema apa yang harus kamu kerjakan. Honor yang kamu dapat sekitar Rp. 150.000 - Rp. 500.000/bulannya. Teman dekat saya yang ikut content writer adalah Anick Aveus dan Nur Cholish Ch.

MENJADI PENULIS SUNGGUH-SUNGGUH TERJADI ATAU TERJADI SUNGGUH-SUNGGUH

Kolom konten ini hanya terdapat di Yogyakarta, tepatnya di Koran Kedaulatan Rakyat dan Koran Merapi. Isinya tentang apapun asalkan itu benar-benar terjadi, tulisannya pun tak panjang hanya satu paragrap atau sekitar 2-3 kalimat. Biasanya terdapat di kolom pojok kanan bawah halaman muka Kedaulatan Rakyat (untuk KR) dan halaman muka kiri pinggir (untuk Koran Merapi). Honor yang didapatpun tak tanggung-tanggung. Tulisan 2-3 kalimat itu dihargai 50 ribu. Lumayan kan buat ngajak gebetan makan di tempat favoritnya.

Demikian pekerjaan anak kos yang bisa menulis, semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengencerkan Lem Kayu Fox Putih yang Benar

Pengalaman Nginep di Apartement Horor Jogja

Ciri Khas Logat atau Dialeg Orang Nganjuk