Idealnya kos itu bebas, dalam artian bukan bebas untuk bawa nginap pacar ya, tapi bebas mengatur dan menentukan apa saja barang yang ada di dalam kos. Bahkan kalau perlu kamar kos itu bebas untuk kita design interior sekehendak kita. Missal kamar kos kita design kota hitam putih (Papan Catur) atau bagi yang anak seni lukis, bolehlah bikin coretan gambar pacar kamu di dalam kos sebagai bentuk rasa cinta atau apalah. Atau bagi yang aktivis bisa nulis kalimat-kalimat revolusioner macam “Revolusi Harga Mati”

Tapi tulisan ini bukan untuk membahas design interior kamar kos, (hmmm boleh juga buat ide tulisan berikutnya sih). Fokus. Oke. Tulisan ini ingin membahas barang-barang apa saja yang perlu ada di kamar kos “yang bebas bawa barang apa saja ya”, sebab banyak juga pemilikk kos yang otoriter, membatasi barang bawaan. Semisal tidak boleh bawa kulkas, mesin cuci atau hewan periharaan.

STOP KONTAK, KABEL ROL DAN LAMPU

Kebayang ga si, jika kamu ngekos tanpa stip kontal, kabel rol dan lampu? Hmm serasa di jaman Jahiliyah kali ya. Biasanya ibu kos hanya menyediakan kamar kosong dengan satu colokan listrik dan kalau beruntung ada lampu yang sudah terpasang. Selebihnya akan dibebankan pada anak kos. Maka bagi kamu calon anak kos perlu memperhitungkan untuk membeli colokan yang berisi beberapa terminal atau rol panjang agar kabel-kabel di kamar kosmu tidak semprawut.

Biasanya dalam satu kamar kos, diperlukan minimal tiga terminal, untuk colok laptop, Smartphone dan kipas angin. Tapi bagi yang suka colok bebarengan diperlukan lebih dari empat colokan, semisal ditambah lampu belajar, penanak nasi, kompor listrik, dispenser dan obat nyamuk elektrik.

RICE COOKER ATAU PENANAK NASI

Bagi anak kos sepertinya rice cooker itu sudah menjadi kebutuhan vital deh, ga peduli nanti di gunakan atau tidak. Yang jelas rice cooker telah masuk dalam kebutuhan anak kos, apakah itu nanti digunkan untuk nanak nasi, masa mie rebus atau bahkan buat ngerebus air. Mengapa demikian, karena menanak nasi merupakan simbol kemandirian, hemat dan anak kos banget.

DISPENSER ATAU SEDOT GALON

Lebih baik kelaparan dari pada kehausan. Dispenser berfungsi sebagai pemanas air, tapi sebenarnya sudah cukup jika sudah punya rice cooker, karena kamu bisa menanak air di rice cooker. Sedangkan jika untuk sekedar minum air kamu cukup pakai air galon. Belilah sedot gallon, selain harganya lebih murah juga lebih efektif.

HAL KECIL, MACAM LAP, PEL, KEMOCENG, SABUNG DAN SAPU JUGA PENTING LOH

Jangan meremehkan alat bersih-bersih. Meski barang ini bukan barang primer, tapi keberadannya menjadi penting agar kebersihan kosmu selalu terjaga. Kalau tidak dibersihkan, kamar kosmu bisa menjadi sarang laba-laba, debu bertumpuk dan mirip kapal pecah. Alhasil kamar jadi pengap deh, kesehatannmu bisa kena. Begitu juga sabun, cucilah peralatan masak dengan sabun agar tetap bersih dan kesehatanmu terjaga.

PERLENGKAPA P3K

Namanya juga sakit, datangnya tak bisa kita prediksi, maka persiapan macam perlengkapan P3K menjadi penting. Bayangin jika kamu di kamar kosan seorang diri, kemudian kamu sakit, apa yang akan kamu lakukan? Minta pertolongan teman? Iya kalau tetang kos mu masih bangun, iya kalau kamu masih punya pulsa untuk minta tolong? Maka kamu harus mandiri dengan menyediakan P3K, seperti Balsem, minyak kayu putih, obat merah dan hansaplast ataupun koyok.

EMBER DAN SABUN DETERJEN

Ember memang bukan kebutuhan wajib, sebab kadang ibu kos menyediakan ember buat nyuci rame-rame, tapi ada loh kos yang tidak menyediakan ember sama sekali, sehingga kamu harus pinjam atau beli sendiri. Tapi saya sarangkan untuk beli sendiri, ga enak kan pinjam mulu. Selain buat nyuci, ember bisa kamu gunakan untuk menaruh baju kotor, multi fungsi gitu. Sementara deterjen mah wajib bagi kamu yang ingin cuci baju sendiri. Kalau kamu sering laundry mah tak perlu beli deterjen.

SEMACAM ALMARI

Mengapa saya bilang semacam alhamari, karena almari tak harus yang terbuat dari kayu yang sering kamu temui di pinggir-pinggir jalan, tapi kamu sebenarnya bisa menggunakan kardus sebagai almari, tinggal kamu kasih sentuhan kreatif sedikit. Kardus itu bisa menjadi tempat menyimpan pakaianmu. Jangan sampai baju bersih kamu kembali kumal akibat tidak di taruh ditempat yang aman. Sebab ada perkataan, kalau kamu kumal takutnya seret jodoh. Mau?

KACA

Kaca penting sekali buat anak kos cewek yang suka dandan, biasanya digunakan untuk ngaca saat sisiran, pupuran, lipstikan maupun menata kerudung. Selain itu, ngaca juga digunakan beberapa anak kos untuk melihat jerawat atau kerutan di wajah. Bener kan?

HEWAN PERIHARAAN

Hewan periharaan ini sangat penting buat kamu, anak kos yang suka galau dan stress. Mengapa? Karena hewan periharaan bisa mengusir stress. Hewan periharaan bisa menjadi teman, sudara, pacar maupun anak. Biasanya anak kos sering memelihara hewan macam, ikan hias, jangkrik, kucing, hamster dan yang ekstrem adalah pelihara ular. Kamu punya hewan periharaan apa gaes?

loading...