Tips Menyulap Kamar Kos Sempit Menjadi Luas

Hampir semua anak kos mendambakan kamar kos yang  luas lengkap dan nyaman. akan tetapi cita cita itu sering kali kandas karena harga sewa kost yang tinggi, akhirnya mereka menyewa kamar kos yang "seadanya" asal bisa untuk tidur dan menaru barang barang keseharian. Rumusnya Sempit tak masalah asalkan itu murah, dekat dengan kampus  dan dekat tempat kerja.


Namun ada loh anak kost yang mampu menyewa kamar yang luas akan tetapi tidak bisa menata  barang secara lebih efisien dan justru memakan ruang, sehingga kamar kos yang awalnya luas terasa semakin sempit. Nah kali ini anakkos.com akan memberi tips agar kamar kos terlihat dan terasa lebih luas dari sebelumnya. Caranya sederhana, cukup dengan sentuhan kreativitas sedikit saja sebagaimana berikut ini.

Menata barang-barang kos secara efisien


Meski saat kamu menyewa kamar kos dengan kosongan tapi tetap aja nanti bakal kamu isi dengan perabotan kos seperti tempat tidur atau kasur, lemari, meja belajar, kursi dan barang barang lainnya.
Barang-barang itu bisanya memakan cukup banyak ruang. Maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menata posisi tempat tidur, almari, meja serta kursi secara rapi. Usahakan posisi tempat tidur dekat dengan meja, tujuannya agar kamu lebih mudah menaruh dan mengambil barang saat akan maupun bangun tidur.

cara menata kamar kos sempit jadi luas


Sementara agar kamar kos terasa lebih luas, usahakan agar penempatan almari berseberangan dengan posisi tempat tidur kamu.

Letakkan peralatan elektronik se efektif mungkin

Selain barang pokok diatas, biasannya anak kos punya peralatan elektronik, mulai Handphone, Laptop, computer dan rice cooker. Jangan anggap sepele barang alat tronik meski terlihat kecil,namun bisa adi momok yang bisa memakan ruang kamar. Maka perlu penempatan yang baik. Letakkan posisi barang-barang elektronik sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Misal, jika kamu punya dispenser bisa ditaruh dekat dengan rice cooker. Print bisa kamu taruh dekat dengan komputer atau bahkan Televisi.

Manfaatkan semaksimal mungkin ruang dibawah tempat tidur dan di atas lemari


Kedua ruang itu merupakan area yang jarang diperhatikan, namun cukup luas untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai. Maka kedua ruang itu paling cocok untuk menyembunyikan barang-barang yang tak terpakai atau jarang dipakai.

Kamu bisa membungkus barang-barang itu kedalam kardus agar tidak berdebu, mudah ditemukan dan tidak berserakan. Sehingga ruangan kamar kosmu terlihat lebih rapi, tidak seperti kapal pecah.

Mengatur isi lemari secara lebih efisien

Karena isi almari terbatas maka kamu perlu mengaturnya dengan cermat. Hindari membawa semua pakaian kamu dari rumah, cukup bawa pakaian yang sering digunakan. Begitu juga kalau baju sudah tidak digunakan mending bawa pulang atau sodaqohkan kepada yang membutuhkan.

Untuk baju kuliah atau kerja, gantunglah secara rapi. Terus beri ruang tersendiri untuk baju, celana, rok dan dalaman. Taruh pakaian yang sering kamu gunakan di urutan atas. Sementar untuk rak paling bawah bisa kamu pakai untuk menaruh barang-barang yang jarang kamu gunakan, seperti buku kuliah semester lalu, barang elektronik maupun barang peninggalan mantan.

Manfaatkanlah dinding kamar kos

Jangan biarkan dinding kamarmu kosong. Manfaatkan dinding tersebut untuk menaruh barang-barang tertentu, macam buku maupun alat elektronik lainnya. Caranya kamu bisa tempel rak buku atau atau rak khusus untuk menaruh barang. Kamu bisa pasang rak tersebut didinding tepat diatas almari agar memaksimalkan penggunaan dinding.

Rak ini gunanya agar barang kamu tidak berceceran dengan cara menaruhnya didinding kamar. Tapi bukan lantas kamu menggunakan semua dinding untuk menaruh barang, kamu perlu menaruhnya satu sisi saja.

Rajin membersihkan dan merapihkan kamar kos

Seluas apapun kamar kamu, akan terasa sempit jika barang-barangmu berserakan seperti kapal pecah. Apalagi bila kamarmu memang sempit. udah sempit kotor lagi. Maka rajin-rajinlah membersihkan dan merapihkan kamar. Kamu bisa membuat jadwah pribadi untuk rajin bersihin kamar. Misalnya, setiap bangun tidur merapikan tempat tidur. Setiap pagi dan sore menyapu lantai dan setiap seminggu sekali mengepel dan membersihkan semua barang-barang.
Kamar yang bersih dan rapi akan membuat penghuninya merasa nyaman. Belajarpun menjadi tenang dan istirahat sempurna.
Demikia cara menata kamar kos sempit menjadi luas agar terasa lebih luas dan nyaman. Kamu  bisa menambahi sendiri tips tersebut dengan berkomentar dibawah ini, ata mengirimkan langsung ke email redaksi ya.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengencerkan Lem Kayu Fox Putih yang Benar

Pengalaman Nginep di Apartement Horor Jogja

Ciri Khas Logat atau Dialeg Orang Nganjuk