Skip to main content
×

Cara Memindahkan Anakan Lidah Buaya ke Polybag

Hallo sobat anak kos semuanya. bagaimana kabarnya semoga baik-baik saja tehindar dari covid ya. Kali ini kita akan memindahkan anakan lidah buaya ke polibag atau pot agar tidak mati. Bagaimana caranya?

Anakan lidah buaya
Anakan Lidah Buaya

Sebenarnya caranya sangat mudah sobat, pertama kita memindahkan di waktu sore hari agar cuaca tidak panas dan tanaman bisa istirahat malam harinya.

Kedua, jika tanahanya subur mawur seperti ini, kita tinggal cabut perlahan, akan tetapi jika tanahnya padat maka kita perlu untuk menggalinya terlebih dahulu, usahakan agar tidak mengenai akar.

Ketiga agar indukan kembali subur dan mengeluarkan anakan kembali, kita gemburkan tanah dan potong/ambil daun lidah buaya yang tua-tua, seperti ini. tujuannya agar nutrisi bisa fokus ke daun yang lebih muda.

Langkah ke empat, siapkah tempat menanam, kali ini saya memakai bekas botol air meneral yang ukuran besar. lalu kita potong seperti ini, seperti gelas.

langkah ke lima, siapkan media tanam, media tanam yang saya pakai ini, ada tanah, sekam, cocopik dan sedikit kompos yang saya ambil dari samping rumah. kita masukkan ke pot.

Keenam kita akan menaruh anakan lidah buaya ke dalam pot, caranya, kurang dulu media tanamnya, lalu kita bikin lobang untuk akar dan kita tutup kembali akarnya dengan media tanam

Langkah Penting Pindah Anakan Lidah Buaya

dan yang paling penting untuk catatan adalah, jangan sampai media tanam menutupi daun, karena sepengalaman saya jika air hujan terlalu banyak, atau tanaman lidah buaya sering terkena air, daunnya bisa busuk. 

Ketujuh, kita tekan/padatkan media tanam dengan cara menekan perlahan-lahan media taman agar agar lebih cepat berkembang

kali ini tidak saya siram media tanamnya karena media tanam masih basah.

Terakhir kita taruh anakan lidah buaya ini ke tempat yang mudah terkena angin dan cahaya, tapi tidak tempat yang langsung terkena matahari ya,

Kita Lihat videonya

Demikian cara memindahkan anakan lidah buaya ke polibag/pot.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam Sobat tani.

NB: Redaksi menerima tulisan baik yang bertema anak kos maupun umum. silahkan kirim ke email : redaksianakkos@gmail.com
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->