IKLAN ATAS

Dari Perokok Aktif Sampai Jadi Anti Rokok

Gaes ini ada kisah menarik untuk orang orang yang ingin hijrah dari rokok. silahkan nyimak wahai anak kos.

Gw mau berbagi sedikit cerita dari alasan jadi perokok aktif, sampe alasan buat jadi orang anti rokok.
Alasan dulu jadi perokok aktif :

gada alasan yg pasti sih, tapi..
dulu awal kenal rokok kelas 4 sd. waktu itu tiap pulang sekolah main ke rumah temen. disana pada ngrokok, bahkan bapaknya temenku yg ngajarin ngrokok anak2.
waktu mak nya temenku (istri bapaknya yg ngajarin ngrokok) negur, si bapak bilang "udah ini urusan anak laki2 anak perempuan masak aja".
semenjak itu temen2 jadi suka ngrokok tiap pulang sekolah
gw gimana?
Dari Perokok Aktif Sampai Jadi Anti Rokok

oke.. gw dulu polos, sering dibully, dan ya tau sendiri cara temen bujuk buat ngerokok gimana. contoh "anak laki kok ga berani ngerokok"
gw coba, awalnya batuk, tapi keterusan.
sampe2 pernah dirumah ngrokok cuma pake kertas yg gw gulung doang
waktu sd, gw juga sekolah madrasah yg dari jam 1 sampe jam 5 sore.

Pulang sekolah cuma makan, ganti baju trus berangkat. semenjak itu setiap gw brngkat madrasah selalu mampir warung buat beli rokok, kalo gak sempet belinya pas jam istirahat sekolah madrasah
rokoknya variasi, sampoerna mild, LA, djarum, gudang garam, Umild, dll sampe dulu yg paling populer flava soalnya yg bisa di klik gabusnya.
nah itu awal mula gw ngrokok. cuma itu?
gak, itu hanya alasan kecil

Jadi kenapa gw mau nurutin bujukan temen2 dan sampe selalu beli rokok?
masalah hidup gw sejak kecil gak pernah yg namanya tertram. selalu ada cek cok dirumah. gw korban broken home, dan dibalik itu semua ekonomi rumah gw berantakan. bahkan orang2nya ikut berantakan.

Gw sering pergi dari rumah waktu sd, jalan kali dari malem pulang subuh. kadang 2 hari baru pulang. kemana? ya kemana aja cari hiburan, kalo ngantuk tidur di sembarang tempat. gak nyaman dirumah
bisa disebut dulu aku anak yg linglung, dilihat kek anak stress, bingungan lah pokoknya. makanya sering dibully.

Jadi dulu gw liat orang ngrokok sambil nyantai kok kayaknya gak punya beban hidup. makin deket sama rokok dong tiap kali keluar rumah minta uang seribu dua ribu dibeliin rokok. dulu rokok murah sebatang 800 rupiah, yg 200 rupiah beliin permen biar gak bau rokok sampe rumah. tiap pergi ps, liat tontonan pasti gitu.

Sampe ada yg pernah ngaduin ke ibu gw kalo gw ngrokok. sampe nangis ibuku nasehatin biar aku gak ngrokok. waktu itu aku acuhin karna ibuku gak serumah sejak gw umur 3 tahun. dan akhirnya setelah smp ketahuan ngrokok karna di meja belajar ada korek dan bungkus dimarahin? enggak. cuma ditanya kenapa kok ngrokok. gw jawab pengen aja, lha anda ngrokok kok saya gak boleh? seberani itu gw jawabnya. mereka udah maklum asal aku gak mabok. ngicip pernah sih, cuma ya gitu2 aja

waktu smp sempet berenti ngrokok karna gaada uang buat beli. jadi kadang ngrokok seminggu sekali, bahkan sebulan sekali. semenjak masuk smk, gw gak ngrokok dan ada niat berenti. smk gw kedinasan yg olahraga tiap pagi. tapi bertahan sampe kelas 2 aja. kelas 3 nyentuh rokok lagi
setelah lulus, berlayar selama setahun dan cuma beli rokok 1 bungkus doang. setelahnya enggak. nah mulai setelah itu gw mutusin buat bener2 niat berenti nyentuh rokok.

Alasan Anti Rokok

Sering ngrokok jadinya biasa sama rasa nya, sering berenti juga rasanya asing kalo ng rokok lagi. pahit, asli gak enak. yg dulu ketergantungan jadi gak suka. rokok emang bikin candu, kayak sikap kamu kalo lagi gak kaku wkwk
ngrokok itu boros!

waktu berlayar baru ngrasain susahnya cari uang, jarang tidur, digoyang ombak, bertarung sm cuaca. cuma buat uang yg gak seberapa. lalu gw mikir, cari duit susah kayak gini kok cuma gw bakar. kayaknya bnyk hal duit ini bisa jadi yg lebih positif. sodaqoh misal
point terpenting.

perokok pasti tau posisi, mau ngrokok pasti cari tempat. tapi kalo yg gak tau posisi? main bal bul tiup sana tiup sini? gw gak mau munafik, pernah bikin orang gak nyaman gara2 asap rokok gw. (berlaku buat asap rokok dan vape)

Ngrokok itu ya ngracunin diri sendiri ya ngracunin orang lain. efeknya kerasa bgt buat diri sendiri. yg waktu smk suka bgt olahraga, balik ngrokok lagi terus fisiknya turun. efek ke orang lain? udah tau kan perokok pasif malah lebih bahaya? yok coba pikir lagi yg ngrokok :)

Buat cowok yg ngrokok nih coba, disekeliling kalian juga ada anak kecil, ada anak perempuan. dan besok lu lu pada jadi seorang bapak. rela anak istri kena racun dari asap rokok yg lu isep? gw sih enggak :) gw bakal sayang mereka dan sayang diri gw sendiri.

Kasus yg blm lama ini adl sosok pejuang bangsa, yg wafat tanggal 7 kemarin. Almarhum bapak Sutopo yg mengidap kanker paru2. Beliau tidak merokok dan tidak ada keluarga yg merokok. bahkan pola hidupnya sehat. tapi kenapa bisa kanker paru2? ya, terpapar dari asap rokok dr org lain.

Gw gak akan nyalahin yg ngrokok, tapi tolong tau posisi dimana kalian harus merokok. usahakan JAUH DARI ANAK-ANAK DAN PEREMPUAN, SERTA ORANG YANG TIDAK MEROKOK.
ada tips atau cara buat berenti merokok? banyak, asal kalian bener2 mau berenti bukan hanya vakum.
  1. Pertama adalah NIAT. percuma mau berenti merokok tapi gak niat tulus dari hati
  2.  Pikirkan resikonya. resiko buat tubuhmu sendiri atau resiko untuk orang lain. efek atau resiko itu bisa jangka panjang bisa jangka pendek, tolong dipikir.
  3. Jauhi orang yang merokok. maksudnya adalah menghindar bukan benci orangnya, atau memohon untuk rokoknya dimatikan (tergantung situasi).atau meminta org yg merokok pindah tempat. 
  4. Pikirkan keuanganmu. uang yg biasanya lu bakar coba cari hal yg lebih positif. ditabung, sodaqoh, infaq dan itu tergantung ke diri lu sendiri niatnya
"wah kalo gak ngrokok kecut, asem, gabut, bingung"

haha lemah!
kalo asem ada tuh permen gantinya rokok, ada camilan juga. kalo gabut ya cari kegiatan positif, nulis kek, gambar, bersih rumah. misal kalo nongkrong yg biasanya harus sambil ngrokok, dicoba buat gak beli rokok atau bahkan minta temennya
5. puasa
hal ini worth it banget kalo mau semakin jauh sama rokok. gak percaya? coba rutin in puasa senin kamis. dan inget harus ada NIAT buat berenti merokok
6.  minta bantuan temen
cari temen yg gak ngrokok juga, buat ngingetin kalo mau berenti
yg terakhir doa biar dijauhkan dari hal yg gak ada manfaatnya. semoga kita saling terbuka pikirannya ya. makasih bagi yg udah baca thread berantakan ini
saya emang gak ganteng, gak keren. tapi saya merasa lebih keren ketika saya gak kenal sama rokok :)

sumber

0 Response to "Dari Perokok Aktif Sampai Jadi Anti Rokok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel