Cara Mengatasi HTTPS is invalid and might prevent it from being indexed pada Google Search Console

Anakkos.com - Sempat khawatir ketika ada notifikasi HTTPS is invalid and might prevent it from being indexed, Kemudian dibawahnya ada keterangan Serving a page over HTTPS helps protect your users' security and privacy.

Hal ini tentu menjadi "kiamat" bagi saya, karena peringatan HTTPS is invalid and might prevent it from being indexed adalah menakutkan.

Mengapa tidak menakutkan? karena artikel saya yang terbaru dengan judul Jual Bibit Bakau Mangrove di Yogyakarta, Melayani Partai Kecil dan Besar tidak terdetek atau deindex oleh mesin google.

HTTPS is invalid and might prevent it from being indexed

Lantas bagaimana cara mengatasinya? agar tulisan baru mudah sekali mendapatkan index dari mesin pencarian terbesar tersebut?

Cara Mengatasi HTTPS is invalid and might prevent it from being indexed

Sebelum mengarah mengatasi problem tersebut, saya pertama kali browsing atau googling mencari penyebab dan tentu cara mengatasinya, namun belum menemukan titik terang.

Namun ada beberapa artikel yang mengulas bahwa persoalan ini ternyata bukan saya saja, ternyata para publiser atau blogger mengalami hal yang sama.

Laporan eror HTTPS pada halam websiter tersebut menimbulkan banyak kebingunan, apalagi laporan ini muncul ketika kita melakukan inpeksi URL atau index manual, karena sudah 24 jam lebih artikel juga belum tampil di search enging.

Tak hanya itu eror pada HTTPS tersebut juga menimbulkan kekhawatiran yang mendalam sebagaimana saya ungkap diatas, karena ada tambahan keterangan and might prevent it from being indexed.

Lantas apakah benar SLL website atau blog kita mengalami masalah?

Salah satu jawaban yang saya temuka di komunitas blog atau google menjawab bahwa Google telah membuat laporan Search Console baru untuk HTTPS.

Sehingga banyak webmaster yang mengalami permintaan untuk kesalahan khusus HTTP. 

Namun baru-baru ini Google telah mengatakan bahwa peringatan ini hanya sekedar informasi dan "bukan bug"

Sebagaimana diketahui "HTTPS tidak valid dan bisa mencegahnya diindeks."

Artinya apa, laporan tersebut mengatakan bahwa bukan bearti URL tidak akan diindeks, artinya Google belum pernah melihat URL tersebut (artikel terbaru), atau pernah melihat URL tersebut tetapi belum merayapinya, Google juga dapat mengindeks sementara versi HTTP dari URL tersebut.

Jadi, kita sebagai webmaster dapat mengawasinya untuk sementara waktu.

Demikian salah satu jawaban yang direkomendasikan mengenai HTTPS is invalid and might prevent it from being indexed pada Google Search Console.

Penyebab SLL atau HTTPS is invalid

Dari pernyataan diatas dapat dikatakan kemunculan pemberitahuan eror tersebut disebabkan

1. Bot perayap belum melihat URL artikel anda

2. Bot perayap sudah melihat URL anda tapi belum merayapinya

3. Bot perayap mungkin masih atau hanya merayapi versi HTTP pada halaman inspect web anda.

Jadi persoalan eror HTTPS di webmaster console tersebut bukan kesalahan SSL web atau blog anda. Cuma memang anda perlu menunggu agar URL anda ke index.

Anda tidak perlu melakukan atau adanya tindakan apapun, secara global masalah eror HTTPS ini sudah menjadi persoalan bersama, John Mueller dari google pun menjelaskan bahwa hal ini tak perlu menjadi sesuatu yang ditakutkan.

Dalam penjelasannya di twitter, HTTPS tidak akan mencegah halaman untuk di indeks, karena masih di indek melalui HTTP.

Semoga informasi tentang cara mengatasi HTTPS is invalid and might prevent it from being indexed bisa mengobati rasa kekhawatiran anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengencerkan Lem Kayu Fox Putih yang Benar

Pengalaman Nginep di Apartement Horor Jogja

Ciri Khas Logat atau Dialeg Orang Nganjuk