Skip to main content

Cara Masak Sayur Asem di Rice Cooker Ala Anak Kos

Cara Masak Sayur Asem di Rice Cooker - Halo sahabat anak kos, akhir-akhir ini cuacanya lagi panas banget yaa.. jadi tambah males mau beli lauk di luar. Pengennya di kos aja tapi bisa kenyang tanpa ngeluarin uang buat mesen go food atau grab food. Soalnya kalo udah di kos tu ya mager bawaannya pengen rebahan aja. Tapi kalo keseringan pesen lewat gojek ataupun grab ya bakalan menyita uang saku banget. 

Cara Masak Sayur Asem di Rice Cooker anak kos


Nah, terus gimana sih caranya, biar sahabat anak kos bisa kenyang tanpa perlu keluar kos dan bisa lebih hemat? Di artikel ini akan dijelaskan salah satu trik untuk mengatasi permasalahan umum anak kos tersebut. salah satunya cara yang bisa dilakukan sahabat anak kos di sini adalah memasak sendiri di kos.


Cara Masak Sayur Asem di Rice Cooker

Seperti yang udah kita tau, rice cokker atau magicom ini termasuk salah satu alat masak yang kebanyakan dimiliki oleh anak kos. Nah, apa aja sih yang bisa kita lakuin dengan alat itu? Bukannya magicom cuma bisa buat masak nasi aja? Oh tidak, tentu saja tidak. Sahabat anak kos di sini harus tau, saat ini magicom sudah tidak lagi hanya digunakan untuk menanak nasi saja, tapi juga bisa untuk memasak masakan lain.

Dengan magicom, kita bisa memasak berbagai macam masakan dari masakan yang ringan sampai yang berat, contohnya mie kuah/goreng, nasi goreng, tempe goreng, sayur sop, sayur asem, kue bolu dan lain sebagainya. Nah, di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara memasak salah satu dari makanan yang sudah disebutkan di atas yaitu sayur asem. Untuk mengerti penjelasan selanjutnya tentang bagaimana cara memasak sayur asem akan kita mulai dengan menyiapkan bahan-bahannya.


Apa saja sih langkah-langkah cara memasak sayur asem?
Pertama, siapkan resep sayur asem berikut ini:
  •           bawang merah dan bawang putih secukupnya
  •           1 buah tomat
  •           daun salam secukupnya
  •           kacang panjang
  •           jagung
  •           ½ labu siam
  •           1 buah asem jawa
  •           cabai keriting dan rawit secukupnya
  •          ½ gula jawa
  •           bumbu racik ‘sayur asem’ 1 sachet

Langkah kedua, setelah semua bahan tersedia, cuci dengan bersih. Kemudian, siapkan air secukupnya dan masukkan ke dalam magicom, jangan lupa untuk meng-klik tombol power pada magicom dan tunggu hingga mendidih. Sembari menunggu air mendidih, iris semua bahan kecuali daun salam dan buah asem.

Setelah sekitar 15-20 menit, air akan mendidih. Waktu yang dibutuhkan untuk air mendidih di magicom membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan menggunakan kompor gas biasa. Setelah air mendidih, masukkan semua bahan ke dalam magicom kemudia disusul dengan bumbu racik instan ‘sayur asem’. Kemudian aduk secara merata dan tunggu hingga sayur matang.

Langkah terakhir, setelah sayur sudah matang, ambil sayur menggunakan sendok sayur dan tuangkan kuahnya ke dalam mangkuk. Sayur asem siap dihidangkan.

Nah, beberapa langkah di atas mungkin bisa menjadi salah satu solusi sahabat anak kos yang lagi males keluar kamar dan lagi mode penghematan. Semua bahan-bahan tadi bisa di dapatkan di toko-toko terdekat kos kalian yaa. Jadi, kalian ngga perlu susah-susah harus ke pasar, karena sekarang ini, di toko-toko atau swalayan terdekat sudah menyediakan bahan-bahan yang praktis untuk dimasak.

Apa saja manfaat yang akan kita dapatkan?
Dengan memasak di kos sendiri tentunya memiliki banyak manfaat, seperti:
  •          Bisa berhemat tanpa harus order makanan lewat go food atau grab food
  •           Tidak perlu keluar kos untuk membeli lauk
  •           Kebersihan terjamin
  •           Dapat memasak sesuai dengan rasa yang diinginkan
  •           Melatih kemandirian untuk mulai belajar memasak
  •           Menghilangkan rasa malas untuk melakukan hal-hal yang inovatif

Selain kita bisa lebih hemat, masak sayur asem sendiri tentunya akan berguna bagi kehidupan kita ke depan. Jangan ragu untuk mencoba memasak di magicom yaa, sahabat anak kos. Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar