--> Skip to main content

Manfaat Bawang Merah Selain Bumbu Dapur

Manfaat Bawang Merah - Bukan suatu rahasia adalah bawang merah merupakan tambahan bumbu masak. Setiap masakan dibumbui dengan tanaman bawang merah sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan gurih, namun berbeda hal dengan masakan atau olahan kue yang tidak perlu tambahan bumbu tersebut. Akan tetapi, apakah sobat sekalian sudah tahu manfaat dari tanaman yang khas satu ini selain untuk bumbu masak? Mungkin, sobat sekalian barangkali ada sebagian yang sudah mengetahui dan sebagiannya lagi belum mengetahui khasiatnya.

Manfaat Bawang Merah Selain Bumbu Dapur


Manfaat Bawang Merah Selain Bumbu Dapur


Tanaman dari saudara bawang putih ini ternyata khasiatnya tidak hanya untuk bumbu masakan sebagai penyedap rasa lho. Tahukah kalian ternyata bawang merah mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bawang merah mempunyai kandungan zat-zat yang baik untuk menjaga tubuh sehingga bisa sehat dan kekebalan tubuh meningkat. Kandungan dari bawang merah yaitu: kaya serat makanan, protein, vitamin C, folat, vitamin A, vitamin B6, dan mangan. Dan berikut ini khasiat bawang merah untuk kesehatan.tubuh.

1. Sebagai Antioksidan


Nutrisi yang dikandung dari bawang merah adalah senyawa antioksidan yang tinggi, quercetin (flavonol antioksidan) kaempferol, serta berbagai senyawa antioksidan sulfur yang jumlahnya tinggi. Berbagai unsur tersebut sangat berguna untuk kesehatan tubuh dalam mencegah pembesaran usus, mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, paru-paru, kanker prostat, dan menyembuhkan gangguan saluran kemih.

2. Meningkatkan Sirkulasi dan Metabolisme

Kandungan mineral dari bawang merah yang di dalamnya terdapat zat besi, tembaga, serta kalium sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kegunaanya adalah untuk membantu memperlancar sirkulasi sel darah merah ke area titik-titik tertentu tubuh. Tak pelak bahwa sirkulasi metabolisme tersebut membawa oksigen ke semua aliran sel darah merah yang akhirnya membantu meningkatkan vitalitas, meningkatkan energi, memperbaiki sel-sel darah yang telah rusak.

3. Menurunkan Kolesterol


Senyawa yang terkandung di dalam bawang merah adalah Allicin yang berguna untuk mengatur enzim reduktase. Enzim tersebut diproduksi pada organ hati untuk mengontrol kadar kolesterol total tubuh. Selain itu, bisa membantu merawat organ jantung dari pertumbuhan kanker jantung koroner, serangan jantung, serta membantu mencegah penyakit stroke.

4. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Dalam bumbu daput terdapat semacam senyawa fitokimia Allium dan Allyldisulfide dimana memiliki sifat anti-diabetes, dengan demikian bawang merah juga bisa mengatur kadar gula darah yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, bawang merah bisa meningkatkan enzim Insulin yang bermanfaat untuk mengatur kadar gula sehingga bisa mencegah penyakit diabetes.

5. Mengatasi Sembelit dan Wasir


Makanan yang dicerna pada usus biasanya ada yang tidak bisa hancur semua, karena partikel makanan yang bersifat keras. Sementara dalam bawang merah terdapat serat yang bisa membantu mengeluarkan partikel tersebut bersamaan dengan keluarnya feses dari dalam usus. Sementara itu, bisa menghilangkan rasa nyeri serta menghentikan pendarahan pada dubur karena penyakit ambeien.

Untuk sobat sekalian, cintai dan sayangi tubuhmu karena pemberian Tuhan yang perlu kita rawat dengan baik. Salah satu cara kita bersyukur kepada Tuhan YME adalah dengan menjaga kesehatan tubuh kita. Untuk menjaga kesehatan tubuh melalui pemenuhan kebutuhan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Nah, salah satu nutrisi yang baik serta berguna bagi tubuh adalah salah satunya tanaman bawang merah dengan fungsinya yang telah disebutkan di atas.

Demikian manfaat bawang merah selain bumbu dapur, semoga bermanfaat,
NB: Redaksi menerima tulisan baik yang bertema anak kos maupun umum. silahkan kirim ke email : redaksianakkos@gmail.com
Buka Komentar
Tutup Komentar