10 Tokoh Dunia Yang Gemar Bermain Catur

Ada yang tahu kalau permainan catur itu berasal dari India? Permainan ini sangat populer di indonesia. yang memainkannya pun juga berasal dari berbagai kalangan. mulai dari tukang parkir sampai atlit mutahir. Yang menariknya lagi, catur  ternyata bukan hanya permainan, tetapi juga permainan asah otak.

Bahkan, bagi para ahli politik dan militer, catur adalah sebuah seni untuk mengembangkan strategi dan taktik mereka. Sebagaimana dikatakan oleh pecatur dunia Bobby Fischer: “Catur adalah perang di atas papan” maka banyak politisi maupun pemimpin bahkan filsuf yang memiliki gemeran main catur. Berikut 10 Tokoh Dunia Yang Gemar Bermain Catur yang wajib di ketahui anak kos.

Tokoh Dunia Yang Gemar Bermain Catur

Albert Einstein

Siapa yang tak kenal Albert Einstein, seorang pakar sains yang lahir di Ulm, Wurttemberg, Jerman (1879) itu ternyata gemar bermain catur. Saat keluarga Einstein pindah ke Munich dia mulai bermain catur. Pada tahun 1918 Einstein bertemu seorang ilmuwan yang suka catur namanya Emanuel Lasker. Keduanya sering bermain bersama. Emanuel sendiri pernah juara dunia catur antara 1894-1921. keren bukan.

Meski Einstein tidak terlalu antusias dengan catur tapi di rumahnya tersedia papan catur. biasanya dia gunakan bermain bersama tetangga maupun teman-temannya. pada tahun 1940, Einstein pernah bilang,

 “Alasanku tidak terlalu suka catur adalah etika. Tujuan utama dari permainan adalah mengalahkan lawan dengan trik berbeda dan tipuan.”

Karl Marx

Siapa sangka kalau Karl Marx ternyata juga pencinta catur loh. Kenyataan ini terbongkar ketika Wilhelm Liebknecht, kawan dekat marx, menulis tentang kegemaran nya bermain catur. diceritakan pada tahun 1850-an, di kota London, saat karl Marx dan para pelarian politik lainnya berkumpul, Marx lantas membuka papan catur dan istimewanya Marx selalu menang.

Jean-Jacques Rousseu

Selain Marx, filsuf lain yang suka catur adalah Jean-Jacques Rousseu. Filsuf Perancis ini kerap bermain catur di cafe-cafe, diantaranya cafe de la Regence dan Café Maugis. Kecintaan Rousseu pada catur dapat ditelusuri di buku autobiorafinya, Les Confessions.

Pernah Rousseu bermain catur dengan filsuf Denis Diderot di Café Maugis. Rosseu selalu menang. Pernah juga dia bermain dengan Prince de Conti. Uniknya, meski berhadapan dengan bangsawan tinggi, Rousseu tidak perlu berpura-pura kalah untuk menghormati si bangsawan.

Lenin

Siapa tak kenal dengan Lenin? Dia adalah salah satu arsitek Revolusi Rusia. Selain dikenal sebagai pemikir yang cemerlang, Lenin juga diakui keunggulannya dalam merumuskan strategi dan taktik. Revolusi Rusia adalah buktinya.

Disela-sela kesibukan Lenin ternyata dia selalu menyelipkan waktu utk bermain catur. hal ini pernah diungkapkan oleh istrinya Nadezhda Krupskaya,“Lenin menyerah pada catur, karena terlalu banyak menyerahkan waktunya untuk catur.”

Ia kerap mengajak kawannya, Anatoly Lunacarsky dan Maxim Gorky, untuk bermain catur. kamu juga bisa melihat foto lenih berman catur dengan Lunacarsky dan Alexander Bogdanov di google.

Lenih pernah berkata “catur adalah olahraga senam otak.”

Fidel Castro

Kalau ditanyakan, apa permainan rakyat Kuba? Mungkin salah satu jawabannya adalah catur. Permainan yang ditemukan sejak abad ke-6 ini melekat kuat di tengah-tengah rakyat Kuba.

Konon sejak kedatangan colombus ke kuba, rakyat Kuba mulai jatuh cinta pada permainan catur ini. tak heran jika tokoh revolusioner Kuba macam Fidel Castro, adalah penggemar berat permainan catur. Kamu bisa melihat Fidel Castro sedang bermain catur. Castro tahu betul manfaat catur pada perkembangan otak dan mentalitas. Karena itu, sejak 1989, permainan catur menjadi program khusus di sekolah-sekolah Kuba.

Che Guevara

Sebagaimana Fidel Castro, Che Guevara juga penggemar catur loh. kamu bisa menemukan foto Che sedang bertanding catur di internet. Dia belajar catur sejak kecil, bahkan menginjak usia dewasa, Che sudah sering ikut kejuaraan.

Dalam perkembangan catur dunia, Che pernah menjadi salah satu motor penyelenggara Olimpiade catur dunia pada tahun 1966. Bagi Che catur dalam dunia pendidikan sangat penting. sebagaimana dikatakan che “Catur merupakan alat efektif dalam melatih kecerdasaan anak”

Josip Broz Tito

Josip Broz Tito merupakan penggagas Gerakan Non Blok (GNB) dan pendiri Republik Federasi Sosialis Yugoslavia.

Nah, Tito ini juga penggemar catur. Dia mengenal catur sejak anak-anak dan menghabiskan banyak waktunya untuk bermain catur. Bahkan, ketika sedang memimpin perlawanan menentang fasisme Jerman di tahun 1943-1944, Tito masih menyempatkan diri untuk bermain catur.

Di tahun 1950, karena kecintaannya pada catur, Tito turut membantu penyelenggaraan Olimpiade catur di Dubrovnik (sekarang wilayah Kroasia).

Napoleon Bonaparte

Mungkin tidak ada yang meragukan kehebatan Napoleon Bonaparte di medan perang. Tetapi tidak demikian di papan catur. Meski dia sangat mencintai catur, tapi anehnya dia tidak pernah menjadi pemain yang kondang. Napolion sering melakukan langkah berani dalam bermain catur. sebagaima dikatannya. “ terlalu sulit menjadikan catur sebuah permainan, tetapi terlalu gampang untuk dijadikan ilmu (seni)”

George Washington

Orang yang paling terkenal di Amerika ini ternyata punya kisah terhadap catur. Ketika Washington menyerang Inggris, Kolonel Rahl diberitahu anak buahnya akan rencana penyerangan ini, akan tetapi si kolonel waktu itu sedang asik bermain catur, alhasil laporan anak buah kolonel itu hanya dimasukkan saku dan tidak pernah dibaca. Sehingga Washington menyerang inggris ketika inggris tidak siap.


Setelah kejadian itu, ketika ditanya oleh istrinya apa kesenangan favoritnya, Washington menjawab: “membaca, istriku, menulis dan bermain catur.”

Mahatma Gandhi

Bapak bangsa India ini juga pemain catur hebat loh. Terutama saat usia muda. Ketika ia tinggal di Transvaal, Afrika Selatan, Gandhi pernah membuat kartun satire dengan gambar catur: pion hitam mengalahkan pion (ksatria) putih.

Gandhi muda, yang suka mengembara, menjadikan catur sebagai alat membangun perkawanan. Dia pernah bermain catur dengan Kapten kapal. Dia juga pernah bermain catur dengan perwira Inggris.

Dari catur ini dia punya kalimat filosofif: “Saya tidak ingin membunuh semua tentaraku, prajuritku dan semuanya di papan catur hanya untuk membuat Raja hidup.
Itulah 10 Tokoh Dunia Yang Gemar Bermain Catur yang disadur dari berdikarionline.com.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengencerkan Lem Kayu Fox Putih yang Benar

Pengalaman Nginep di Apartement Horor Jogja

Ciri Khas Logat atau Dialeg Orang Nganjuk