IKLAN ATAS

Naik Gunung, Hobi Yang Mahal Atau Murah?


Hai anak kos, kali ini ada ulasan menarik tentang hobi naik gunung. simak sampai selesai ya

Beberapa hari yg lalu gua baru naik gunung Gede-Pangrango 2958 mdpl. Ini bukan gunung pertama gua, tapi ga usah ditanya ini udah gunung yang keberapa. Sekarang naik gunung udah jadi salah satu kegiatan yang dilakuin khususnya anak muda terlebih gunung sekarang udah enak dan aman, Jadinya banyak yang ngisi waktu weekend dan liburanya buat ke gunung. Buat para pendaki yang sudah bekerja mungkin soal biaya bukan jadi hambatan. Sedangakn untuk yang belum bekerja / masih pelajar? Naik gunung adalah suatu hobi yang mahal.

Naik Gunung, Hobi Yang Mahal Atau Murah?


Tapi kalo buat gua mahal/murah itu relatif aja si. Untuk yang masih ngandelin uang jajan dari ortu pasti rela nyisihin dikit demi sedikit buat naik gunung. Belom lagi peralatannya, kalo diitung nih, Carrier(standard) 700-1500k, SB 100-300k, Matras 50-100k, Kompor 50-150k, Nesting/cooking set 150-300k, Tenda(standard) 550-2000k, yaaa paling murah habis 1700an lah. Belom lagi budget buat tiap perjalanan, kalo gunung yang deket mah paling abis 200, kalo yang lumayan jauh bisa abis 400-1000.

Kali buat gua sendiri si gua anggap mahallll, yakan, beli barang segitu, budget segitu, capek naik jalan kaki sampe puncak, udah mahal capek lagi, ngapain si?. Tapi gua rasa semuanya lunas pas udah sampe atas. Setahun belakangan ini aja gua udah spend sekitar 4/5 jt.

Hobi Naik Gunung

Buat naik gunung doang, belom termasuk beli alatnya, karna yaaa alhamdulillah gua ada abang sepupu yang udah vakum naik gunung dan gua diwarisin perlengkapanya walaupun ga lengkap yang diwarisin ke gua.

Jadi intinya naik gunung itu jangan mikirin mahal/murah nya, berapa abis duitnya, karna menurut gua yaaa semua yang udah dikeluarin gua rasa lunas terbayar kalo udah sempe puncaknya. Tapi bukan berarti gua nyuruh spend duit banyak banyak cuma buat naik gunung...

Harusnya kita belajar dari situ, "naik gunung itu ga murah, jadi jangan boros, harus hemat, harus sabar, nikmatin perjalanannya biar duit lu kerasa sebanding sama hasilnya, sadar diri akibat racun lu sekali naik gunung jadi ketagihan."

Satu sentilan dari gua, buat orang yang naik gunung tapi ga ngerasa dapet hasil apa apa, ngerasa yang lu dapet ga sebanding sama yang udah lu keluarin baik mental atau materi, itu artinya lu ga nikmatin perjalanan lu, elu ga ngerasain usaha persiapanyaNyari barangnya, nabungnya, capeknya, prepare fisiknya. Elu pengen enaknya doang. Wajar kalo ga dapet apa-apa/biasa aja.
.
Sekian


sumber

0 Response to "Naik Gunung, Hobi Yang Mahal Atau Murah?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel