IKLAN ATAS

Cara Sederhana Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi Ala Anak Kos

Tips menanak nasi agar tidak cepat basi - Anak kos terkenal dengan kemandiriannya. Dalam artian, apa-apa harus melakukan sendiri. kareana jika anak kos masih ngandalin orang lain, maka itu artinya masih anak mama, mending kamu pulang saja, gak pantek loe jadi anak kos.

Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi
rico cooker mini


Kemandirian bisa diukur dari soal makan. Di rumah orang tua sudah masakin buat kamu, tapi kalau di kos? Kamu masih harus usaha sendiri. Bisa beli ke warung (jika lagi tajir) atau nanak sendiri (jika lagi bokek).

Kebanyakan anak kos sudah memakai magic com untuk memasak nasi. Entah ukuran kecil, sedang maupun besar. akan tetapi banyak nasi mereka yang cepat basi cepat berlendir, lepek padahal belum nyampe 12x2 jam. Sehingga terpaksa anak kos harus membuangnya ke tempat sampah atau diberikan ayam tetangga. Eman juga sich, tapi apa boleh buat!

Oleh karena itu, agar nasi tidak cepat basi, maka kamu sebagai anak kos wajib baca tips menanak nasi tidak cepat basi berikut ini:

BELI DAN PILIHLAH BERAS YANG KUALITAS BAGUS


Untuk urusan makan sebisa mungkin kamu pilih makanan yang kualitas bagus, saya bukan mengajarkan kamu untuk boros disini, tapi mengigat salah satu sumber penyakit itu berasal dari makanan? jadi berhati-hatilah memasukkan barang kedalam mulutmu. Sebab, bila yang kamu makan itu barang jelek, dapat dipastikan jelek pula buat kesehatanmu. Belilah beras kualitas bagus, cirinya warna tidak terlalu kusam, tidak memiliki bau apek dan harganya tidak terlalu murah.

JANGAN SEPELEKAN! CUCI BERAS DENGAN BERSIH


Kebiasan buruk anak kos sebenarnya adalah suka mager atau males, tak terkecuali saat mereka menanak nasi. serius,kalau lagi malas-malasnya, biasanya biasanya mencuci beras hanya sekali bilas saja, padahal itu belum cukup. kita harus berburuk sangka "jangan-jangan masih ada bakteri menempel" yang menyebabkan nasi muda basi. Solusinya adalah beras dicuci sampai bersih minilam dengan tiga kali cucian.

SEDIAKAN WADAH RICE COOKER YANG BERSIH


Penting dicatat, jangan hanya beras yang kamu cuci bersih, wadah tempat nanak nasi atau rice cooker tentunya juga loh ya. Jangan sampai sisa nasi yang masih menempel itu dibiarkan! cuci yang bersih baru dimasukin beras. Caranya redam dulu sekitar 30 menit baru di cuci, tujuannya agar nasi yang masih lengket itu mudah terpisahkan. Ini penting, karena sisa nasi itulah penyebab terbesar nasi cepat basi.

Kebanyakan anak kos mencuci wadah panci rice cooker hanya ketika hendak menanak nasi, sehingga biasanya setelah nasi habis panci rice cooker di biarkan, bahkan ada yang nasinya berubah menjadi jamu. stop. kebiasaan buruk tidak bersih ini mohon dikurangi ya, agar rice cooker mu awet dan nasi tidak mudah basi.

WADAH RICE COOKER BUKAN TEMPAT MENCUCI BERAS

Kebiasan anak kos dan mungkin kebanyakan orang adalah mencuci beras memakai wadah rice cooker itu sendiri. sebab, jika anti lengket pada rice cooker hilang maka nasi yang ada di dalam wadah itu akan lebih cepat lembek dan basi. Oleh karena itu agar rice cookermu lebih awet dan nasi kamu tidak mudah cepet basi maka jangan diteruskan mencuci beras dengan wadah rice cooker ya.

TAK HANYA CINTA, MENANAK NASI JUGA BUTUH TAKARAN AIR YANG PAS

Setelah beras dan wadah bersih langkah selanjutnya agar nasi tidak cepat basi adalah dengan memberikan takaran air yang pas. Caranya gimana? Orang tua saya mengajari dengan memberikan batas air itu, pas satu ruas jari telunjuk. Insya Allah nanak kamu pulen, matang secara sempurna. Beberapa kali saya lakukan dan hasilnya mujarab loh. Itupun belum cukup, kamu juga harus mengenal jenis beras, soalnya ada beras yang cepat menyerap air maupun sebaliknya. Fleksibel intinya nyah.

PANASKAN NASI SECUKUPNYA


Jika kebiasaanmu sering membiarkan nasi di magic com dalam keadaan “warmer,” maka kurangi maksimal 10-11 jam. Mengapa? Karena nasi yang berada pada suhu yang panas terus menerus akan mengalami kerusakan gizi dan bentuk. Nasi menjadi berwarna kuning, kering, keras dan mengalami bau yang sudah tidak sedap lagi.

Maka sebaiknya setelah kamu nanak nasi matikan rice cooker, pindahkan nasi kedalam piring atau wadah khusus. Jika kebiasaan ini kamu lanjutkan maka rice cooker kamu berumur panjang dan tagihan listrik berkurang.

Namun jika nasi benar benar harus bermalam, maka ya gimana lagi, kamu harus memanaskan nasi dengan rice cooker yang sudah memiliki mode menghangatkan. Dengan begitu nasi tidak cepat basi cuma biasanya lebih keras. Besok paginya, kamu bisa bikin sarapan atau bikin nasi goreng deh.

BUKAN HANYA KESEHATAN YANG PERLU DIPERIKSA, RICE COOKER JUGA

Setelah tips atau cara menanak nasi agar tidak cepat basi di atas telah kamu coba, akan tetapi nasi masih juga cepat basi atau nasi matang tak merata, maka kamu perlu periksa rice cookernya, siapa tahu rice cooker kamu yang bermasalah dan sudah tidak stabil maka kamu perlu menservis atau lembiru (lempar beli yang lebih baru).

Baca Juga : 11 Rice cooker mini yang terbaik ala anak kos

Demikian informasi yang bisa kami bagikan untuk kamu, semoga bermanfaat, jangan lupa di share.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel