Skip to main content

Apakah Wahabi, wahabisme Itu sama dengan Islam?

Wahabi atau wahabisme adalah sebuah aliran yang lahir dari pengikut Muhammad bin Abdul Wahab. Ada dua nama Wahab yang sangat terkenal di Dunia. Pertama adalah kyai Wahab Hasbullah, orang pertama kali di DUNIA yang getol melawan Fundamentalisme dan melancarkan kritik terhadap ajaran salafisme yang dibawa oleh muhammad bin Abdul wahab dari Nejd.

Dua nama Wahab yang saling bertentangan. Kenapa Kyai Wahab begitu terdepan menghadang ajaran salafisme wahabisme? Karena kyai wahab tahu tentang ajaran ini, akibat dan masa depannya sebelum seluruh umat manusia di dunia tahu sepak terjangnya di Suriah dan Iraq. Selain itu kyai wahab sering berkumpul dengan orang-orang yang tahu masa depan tanpa harus capek membaca buku.

Paska kerajaan saudi Merebut wilayah Hijaz yang dipimpin syarif Husein dan menghabisi para pengikut tarekat sufi, syiah, serta melarang Madzhab, dan berencana membongkar makam nabi Muhammad, lalu kerajaan Saud mengadakan kongres KHILAFAH tahun 1924. Kyai Wahab datang dari Indonesia sendirian, menolak "dengan hormat" pembongkaran makam nabi dan meminta kebebasan menjalankan madzhab untuk umat islam yang melakukan Haji.



Pemikiran Abdul Wahab (wahabi)

Salah satu BAHAYA dari ajaran salafisme wahabisme ciptaan Mr. Hempher dan muhammad bin Abdul Wahab yang ditentang oleh Kyai Wahab Hasbullah adalah tentang bebas madzhab dan bebas berijtihad bahkan oleh orang yang minim agama sekalipun. Fenomena mudah mengkafirkan, fatwa-fatwa teror yang hari ini marak adalah akibat ajaran ini. Kyai Wahab membentuk NAHDLOTUL ULAMA. ulama sebagai pewaris nabi yang BERHAK memberi fatwa, bukan sembarang penceramah yang ilmunya dangkal tapi ulama yang RASIKHAH (mendalam ilmunya).

Kelompok ISIS dan Front Nushra (Haiat Tahrir asy syam) beda pendapat dan saling membunuh di Suriah adalah akibat pemahaman DANGKAL soal Islamic State, ISIS ulamanya memfatwakan Khilafah sedang Al Qaedah memfatwakan Imarah, siapa yang jadi korban? RAKYAT... fatwa dangkal oleh ulama yang dangkal ilmunya ini yang ditentang oleh Kyai wahab hasbullah.

Al qaeda, ISIS, Haiat Tahrir Asy Syam, Jays Al Islam, JI, JAD, JAT dan semua partai-partai serta ormas fundamentalis diseluruh dunia itu LAHIR dari embrio yang sama, yaitu Wahabisme salafisme.

Wahabisme Tuhannya Beda Dengan Islam

Salah satu klaim dari wahabisme yang sangat angkuh adalah mereka merasa konsep keagamaannya adalah Islam murni, tauhid murni tanpa syirik. Apakah itu betul?

DALAM TEOLOGI, Wahabisme meyakini bahwa Allah berada/bersemayam di atas Arsy seperti dalam Surat Thaha ayat 5 dan al a'rof 54. Wahabisme menafsirkan secara literal tekstualis sehingga Allah seperti dibatasi oleh ciptaannya sendiri, Allah digambarkan seperti duduk di kursi, di atas arsy, punya tangan, mata dan maskulin. Model teologi wahabisme ini mirip dengan Materialisme imajiner.

Padahal kalau ditafsirkan secara tekstualis akan tidak masuk akal, seperti dalam Surat Al Qoshosh ayat 88 yang menyatakan bahwa nanti segala sesuatu akan hancur kecuali wajah Allah. Ketika ayat ini ditafsir tekstualis maka semua termasuk tubuh Allah akan hancur kocar kacir dan tinggal wajah. Ini tafsiran kacau dan memposisikan Tuhan seperti obyek material. Oleh karena itu teologi wahabi salafi adalah Materialisme imajiner.

Kelompok-kelompok berpaham wahabisme ini sering merasa paling bertauhid padahal mereka menganggap Allah punya tangan, kaki, mata, sering turun ke langit dunia seperti makhluk. Allah digambarkan terdiri dari bermacam sifat dan seolah ada DUALISME dalam dirinya. Ini bukan mentauhidkan, tapi menjisimkan. Inilah kelompok sesat MUJASSIMAH yang menganggap Allah punya jisim dengan bermacam atribut.

Kalau dalam teologi saja Allah wahabi bersifat MATERIAL IMAJINER dan berjisim, apakah LAYAK disamakan dengan Islam ?

Fatwa wahabisme

Dalam fiqih, islam melarang menyerang atau membunuh sesama muslim, tapi Wahabisme membolehkan dengan fatwa Thoghutnya. Umat Islam memposisikan Al qur'an dan hadis dalam puncak piramida sehingga dalam menafsir qur'an harus punya ilmu Nahwu, shorif, filologi (lughoh), termasuk ilmu bayan, badi, maani, balaghoh, ijma, nasikh mansukh, dan banyak lagi. Tapi wahabisme tidak.

Seumpama waktu itu Umat Wahabi yang dibantu inggris benar2 membongkar makam nabi muhammad, lalu dengan bergulirnya waktu ada seorang peneliti sejarah yang bertanya "Apakah nabi muhammad benar-benar ada atau hanya mitos? Mana buktinya kalo nabi pernah ada?" Terus kira2 apa jawabnya? Kan makamnya sudah dibongkar. Terus ada pertanyaan lebih menyakitkan lagi "apa islam agama mitos?"Seumpama waktu itu Umat Wahabi yang dibantu inggris benar2 membongkar makam nabi muhammad, lalu dengan bergulirnya waktu ada seorang peneliti sejarah yang bertanya

"Apakah nabi muhammad benar2 ada atau hanya mitos? Mana buktinya kalo nabi pernah ada?" 

Terus kira2 apa jawabnya? Kan makamnya sudah dibongkar. Terus ada pertanyaan lebih menyakitkan lagi "apa islam agama mitos?" Bagaimana pendapat anda terkait dengan wahabi atau wahabisme yang terus berkembang seiring perkembangan zaman ini? (sumber: Haidar Aly Mahmudi)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar