Skip to main content

Tempat Instagramable di Kotagede Yogyakarta

Hai anak kos yang bosen sama wisata di Yogja dan mau cari tempat yang unik instagramabel dekat dengan kota?. Bisa wisata heritage di Kotagede Yogyakarta. Cocok buat prewed atau yearbook! Buat feed IG juga mantap!

wisata kotagede,  Tempat Instagramable di Kotagede jogja yogyakarta

1. Masjid Gedhe Mataram

Masjid Gedhe ini merupakan masjid tertua. Masjid ini peninggalan Kerajaan Mataram Islam. Di dalam Masjid juga ada Makam Panembahan Senopati pendiri Mataram Kuno. Tempat ini biasanya digunakan buat prewed pakai Adat Jawa.

Masjid Gedhe Mataram

Bangunannya juga masih zaman dulu bata-bata gitu. Arsiteknya perpaduan Islam sama Hindu jadi gerbangnya kayak Pura gitu. Lucu! Uniknya lagi sebelum masuk kamu akan ketemu sama anak-anak yang lagi latihan gamelan. Jadi berasa banget lagi di jaman Kerajaan tempo dulu.


Beetween Two Gates


2. Beetween Two Gates 

Diantara dua gerbang, karena bangunan arsitektur Joglo terletak diantara dua gerbang. Disini kamu akan memasuki gang yang seperti lorong dan melihat berbagai bangunan khas arsitektur Jawa tempo dulu.

Bangunan ini sudah ada dari 1840, dan merupakan bagian dari Alun-alun Kerajaan Mataram. Senangnya lagi ini deket banget sama Masjid Gedhe cuma 50m aja. Terus di depan Gang persis ada warung makan angkringan sama nasi campur murah. Makan ber 6 cuma 40 ribu. Jogja nyenengin pol!

Gang Soka


3. Gang Soka

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kotagede gak ke Gang Soka. Gang sempit tapi punya berbagai spot unik dan instagramable. Langganan banyak selebgram traveler kalau berkunjung ke Gang Soka. Aku gak banyak foto di Gang Soka, tapi fotonya bagus2 hehe

Rumah Rudi Pesik


4. Rumah Rudi Pesik

Rumah Rudi Pesik ini merupakan rumah yang dibeli salah satu pengusaha bernama Rudi Pesik. Di dalam rumah ini seperti museum dengan berbagai barang antik dan barang-barang karya seni. Di dalam Rumah ini juga ada sebuah coffe Kopi Kamu untuk nongkrong.

Rumah Rudi Pesik ini menjadi tempat yang pas untuk beristirahat setelah keliling Masjid Gedhe dan Between Two Gates. Sambil menikmati koleksi seni sambil ngopi. Tempat ini biasanya juga buat prewed sama yearbook. Karena spotnya banyak bgt!

Langgar Dhuwur


5. Langgar Dhuwur 

Langgar Dhuwur ini merupakan mushola dengan arsitektur unik. Karena musholanya lebih tinggi dari mushola pada umumnya. Arsiteknya juga masih dirawat dengan baik. Langgar dhuwur ini ada 4 kalo ga salah. Salah satunya di gang soka, abis dari Kopi kamu kesini deh.

Masjid Perak


6. Masjid Perak

Sekalian istirahat dan sholat dzuhur atau ashar. Kamu bisa wisata religi dan melihat arsitektur unik dari Masjid ini. Letak masjid ini di dalam gang setelah gang soka dari pertigaan. Kemarin ga sempet foto! Tp bagus kok!

Situs Warungboto

7. Situs Warungboto

Jika kamu pengin foto estetik kaya di Taman Sari. Tapi terlalu ramai, bisa mampir ke Situs Warungboto karena lebih sepi. Situs ini merupakan pemandian seperti taman sari. Pernah buat prewed Kahiyang anak Presiden Jokowi  sama suaminya juga! Bagus pas sunset!

Demikian alternatif  Tempat Instagramable di Kotagede Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi disela sela kesibukan kuliah maupun mburuh. (sumber)

Baca Juga Wong Jogja Ilang Jogjane
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar