Skip to main content

6 Kesalahan Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Power Point

6 Kesalahan Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Power Point

Kesalahan dalam membuat Power Point - Sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa, tentunya kita tidak asing lagi dengan yang namanya presentasi. Dan tentunya kita tidak asing lagi dengan Microsoft PowerPoint, suatu program aplikasi microsoft office yang digunakan sebagai media untuk presentasi. Kita pasti pernah mencoba bahkan menggunakan semua fitur yang ada di Microsoft PowerPoint. Inti dari presentasi adalah bagaimana orang tertarik dengan apa yang kita sampaikan. Selain bagaimana cara penyampaiannya, kita juga perlu memperhatikan slide presentasi yang akan ditampilkan. Berikut adalah 6 kesalahan yang perlu diperhatikan dalam membuat Power Point.

1. Memasukkan seluruh informasi ke dalam slide


Ini yang perlu digaris bawahi, sesuai namanya yaitu POWER POINT, sudah semestinya presenter memasukkan inti dari apa yang ingin disampaikan saja. Memasukkan seluruh informasi ke dalam Power Point hanya akan membuat audience merasa bosan. Karena tujuan dari presentasi adalah meyakinkan, membujuk, dan menginformasikan, jika yang dimasukkan bukan poin pentingnya saja, presenter cenderung membaca dari awal hingga akhir. Jika demikian, audience mungkin akan kehilangan ketertarikannya untuk mendengarkan.

kesalahan ppt

Audience akan berpikiran bahwa mereka bisa membacanya sendiri tanpa harus memperhatikan si pembicara. Selain itu, audience akan sulit menangkap apa yang presenter maksud. Bukannya dapat membujuk atau meyakinkan, malah pesannya tidak tersampaikan dan presentasi menjadi sia-sia.

2.  Template tidak kontras dengan warna font

Tak jarang presenter sering melupakan ini. Peran kontras sangatlah penting demi kenyamanan audience. Antara warna font dengan template, lalu ditambah gambar dan segala komponen yang akan ditampilkan.
desain ppt

Jika di baca menggunakan laptop memang akan terlihat jelas, namun jika ditampilkan di layar, audience akan kesulitan, ditambah posisi audience yang jauh dari layar, belum lagi kualitas proyektor yang tidak bagus.

3. Tidak konsisten

Dalam membuat presentasi, tak jarang presenter tidak konsisten dalam menggunakan jenis font. Tak jarang pula dari mereka menggunakan font yang mana susah untuk dibaca, niatnya agar terlihat estetik, namun malah sulit dimengerti. Sebaiknya, jika menggunakan Calibri dengan font size 24, maka jenis dan ukuran inilah yang dipakai untuk semua slide. Dengan demikian, slide yang ditampilkan terlihat tidak berantakan dan nyaman untuk dilihat.

Sejumlah ahli presentasi menyebutkan, dalam era digital seperti layar komputer, jenis huruf seperti Arial lebih mudah dibaca dibandingkan dengan Times New Roman. 

Selain itu, presenter juga dapat mengkombinasikan dua jenis dan ukuran font yang berbeda untuk membedakan mana yang merupakan poin utama dan pendukung.

4. Menggunakan animasi yang berlebihan

Didalam PowerPoint terdapat fitur yang sangat berguna untuk menambah presentasi semakin menarik, yaitu animasi. Namun segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan, jatuhnya tidak baik.

Ada banyak sekali animasi yang ditawarkan, namun kita harus bijak dalam menggunakannya. Karna dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi audience, bukannya fokus kepada materi yang disampaikan, malah fokus pada animasi yang ditampilkan.

5. Menambah efek suara

Selain dapat menambahkan animasi, Power Point juga menyediakan fitur efek suara. Bayangkan jika ada sound effect di setiap animasi, betapa ramainya slide yang ditampilkan dan sangat mengganggu pendengaran. Bukannya terlihat canggih, malah terkesan norak. Sebaiknya, hindari untuk menambahkan sound effect untuk tetap membuat audience fokus.

6. Tidak memperhatikan tata letak

Tak jarang presenter hanya memindahkan tanpa memperhatikan tata letak komponen yang dipindahkan ke dalam PowerPoint. Slide yang baik adalah slide yang rapi dan runtut, sehingga nyaman untuk dilihat dan tidak membingungkan para audience. Dalam memasukkan materi, data, maupun gambar sebaiknya disusun sesuai tata urutan dalam menyampaikan presentasi.

Demikian artikel tentang 6 Kesalahan Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Power Point semoga bermanfaat. Amiin 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar