Skip to main content

Berawal Dari Hobi, Bisa Bayar UKT Sendiri

Berawal Dari Hobi, Bisa Bayar UKT Sendiri - florin jogja

Bayar UKT Dengan Uang Sendiri - Di era milenial ini, masyarakat Indonesia memiliki kegemaran tersendiri dalam berburu barang-barang yang memiliki nilai instrinsik dan estetika. Terlebih di zaman ini, teknologi sangat berkembang pesat maka dengan pesat pula informasi bertebaran di ranah publik. Hal tersebut sangat berpengaruh pada rasa penasaran dan minat masyarakat Indonesia dalam berburu barang yang unik dan kekinian.

Berbagai inovasi industri kreatif pun mulai bermunculan di masa ini. Masyarakat Indonesia, khususnya remaja, tidak luput untuk berburu barang-barang unik dan kekinian. Selain itu, mereka juga memilih produk yang memiliki tampilan menarik agar dapat di unggah ke dalam akun social media milik mereka.  Disisi lain, mereka berburu barang unik dan kekinian guna diberikan pada orang yang di sayangi.

Melihat hal tersebut, Florin pun hadir ditengah masyarakat Indonesia. Florin hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan barang-barang lucu yang bernilai guna, memiliki unsur instrinsik dan estetika. Florin memproduksi barang-barang unik yang menginovasikan kain flannel dan daur ulang sampah kantong plastik menjadi berbagai produk bernilai guna dan estetika. Produk Florin juga dapat dijadikan sebagai media perantara penyalur pesan/komunikasi untuk orang terkasih.

Sistem penjualan produk Florin dilakukan dengan cara pre-order, ready stock dan pameran di event-event tertentu. Sistem dengan penjualan pre order dilakukan apabila seorang customer melakukan pemesanan melalui informasi kontak admin yang disediakan di halaman utama instagram @florinflower_, maksimal pemesanan dilakukan maksimal H-1, rangkaian bunga bisa sesuai keinginan customer. Setelah pemesanan di proses dan pelanggan telah membayarnya, tim produksi Florin akan mengerjakan pemesanan. Setelah itu tim logistic akan mengantar kan buket sesuai permintaan pelanggan yaitu dengan sistem COD maupun pengiriman melalui ekspedisi. Selain itu Florin juga memproduksi produk untuk persedian. Produk yang telah diproduksi akan dijadikan stock untuk sistem ready stock dan akan didistribusikan kepada toko yang telah menjalin kerjasama dengan Florin salah satunya yaitu Koperasi Mahasiswa UGM dan Rumah Cantik.

Dikarenakan tingginya angka pengangguran di Indonesia merupakan salah satu hal yang melatarbelakangi berdirinya Florin. Florin memberikan kesempatan bagi individu yang ingin berkreasi dan menambah penghasilan dengan bergabung bersama tim florin sebagai part-timer maupun reseller. Lapangan pekerjaan yang disediakan oleh Florin dapat membantu mahasiswa untuk menambah uang saku.

Untuk perkembangan usaha Florin sendiri selama kurang lebih 1,5 tahun berdiri, Florin mengalami perkembangan penjualan yang terus meningkat pesat. Peningkatan tersebut dikarenakan banyak inovasi produk dari Florin Flower dengan tetap mempertahankan kualitas. Inovasi yang dihasilkan diantaranya Go Green Bouquet, Eco Sleeping Lamp, Baby Florin bahan kantong plastik, dan Flowart Totebag.

Dalam perluasan pasar,  Florin sudah mulai berjualan secara offline dengan membuka stand pada acara Entrepreneur Talk Geoweek 2019, dan Wisuda Universitas Negeri Yogyakarta. Selain itu,  dalam mengenalkan produk Florin ke masyarakat luas,  Florin berani mengikuti lomba-lomba baik tingkat kampus maupun tingkat nasional. Florin mengikuti lomba tingkat kampus yaitu Program Kreativitas Mahasiswa dan mendapatkan Juara 1 Lomba Produk Inovatif dan Juara Harapan 2 Lomba Stand Terbaik. Di tingkat nasional,  Florin mengikuti Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia dan berhasil mendapatkan bantuan dana hibah dari Kemenristeksikti sebesar Rp 10.000.000,00. Selain itu,  Florin juga mengikuti lomba tingkat nasional yaitu Lomba Ecodays yang dilaksanakan di Universitas Sebelas Maret dan lolos sebagai finalis.

Semua prestasi Florin tak lepas dari campur tangan tim dan para staff Florin Flower. Tim inti Florin Flower adalah Rifdah Nur Afifah Budiono sebagai Kepala Bidang Administrasi dan Logistik (Jurusan Kearsiapan Angkatan 2017 Sekolah Vokasi UGM), Puji Mulyani sebagai Kepala Bidang Produksi (Jurusan Kearsiapan Angkatan 2017 Sekolah Vokasi UGM), Anisa Nur Diniyah sebagai Kepala Bidang Marketing (Jurusan Bahasa Inggris Angkatan 2017 Sekolah Vokasi UGM), dan Bambang Kurniawan sebagai Kepala Bidang Pengiriman Barang (Jurusan Agro Industri Angkatan 2017 Sekolah Vokasi UGM).

Demikian informasi tentang Berawal Dari Hobi, Bisa Bayar UKT Sendiri semoga bisa menginspirasi kita semua. amiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar