Skip to main content

Hal-Hal Yang Penting dan Harus Ada Dalam PowerPoint-mu

Halo sobat anakkos.com, gimana? Sudah cukup pusing kah menjadi seorang mahasiswa? Sebagai seorang mahasiswa tentu sudah nggak asing lagi ya dengan yang namanya presentasi? Sudah jadi makanan sehari-hari buat kita para mahasiswa untuk menyiapkan presentasi sebagai tugas harian. Salah satu aplikasi paling populer untuk membuat presentasi di kalangan mahasiswa adalah Microsoft PowerPoint.



sumber: The World of Icons

PowerPoint adalah salah satu aplikasi dari Microsoft yang biasanya sudah otomatis tersedia ketika kita menginstall laptop maupun komputer. Eitss, meskipun terihat seperti aplikasi bawaan yang tidak menarik, tapi kamu bisa membuat sebuah presentasi yang wah hanya dengan menggunakan Microsoft PowerPoint loh! Walaupun terkesan sederhana, tetapi cara menggunaannya yang mudah membuat banyak orang ebih memilih menggunakan Microsoft PowerPoint. Dengan sedikit otak atik dan beberapa tips, kalian bisa membuat presentasi yang wah dan menarik seperti yang kalian inginkan.

Nah untuk membuat sebuah presentasi yang wah, tentu kalian harus tau dulu dong kira-kira apa aja nih hal-hal penting yang harus dimasukkan ke dalam presentasi agar tidak membosankan? Nah berikut adalah beberapa hal-hal penting yang penting dan harus ada dalam presentasimu:

1. Pembukaan/Judul

Dalam pembukaan, kamu bisa menambahkan sedikit hal tentang dirimu sebagai perkenalan jika memang dibutuhkan. Lalu, tambahkan judul presentasi agar audience memiliki gambaran mengenai apa yang akan kamu sampaikan. Buat judul yang sesuai dan tidak terlalu panjang dan masukkan ke dalam slide paling awal dalam presentasimu.

2. Table of Content

Table of content atau daftar isi berguna untuk memberi garis besar mengenai materi yang akan kamu sampaikan, buat daftar isi semenarik dan sesingkat mungkin untuk membuatnya tidak membosankan. Letakkan daftar isi di awal-awal slide setelah perkenalan/judul.

3. Inti Materi Dalam Bentuk Poin-Poin

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pembuat presentai adalah memasukkan informasi materi yang terlalu banyak ke dalam slide, membuat slide terlihat penuh dan membosankan. Untuk menghindari audience merasa bosan terhadap presentasi yang kamu sampaikan, masukkan hanya inti materi dalam bentuk poin-poin.

BACA : 6 Kesalahan dalam membuat Power Point yang wajib kamu ketahui

Sebelum membuat presentasi pada Microsoft PowerPoint, ada baiknya kamu membuat ringkasan materi pada Microsoft Word untuk mempermudah menyusun inti materi. Jelaskan penjelasan dari poin-poin materi tersebut dengan cara menghafal. Hal ini juga akan membuat audience lebih fokus kepada presenter dan membuatmu terlihat menguasai materi yang kamu sampaikan.

4.  Ilustrasi


Ilustrasi menjadi salah satu hal yang penting ada dalam presentasimu untuk membuatnya lebih menarik dan mudah dimengerti. Bertujuan untuk memberikan gambaran visual mengenai apa yang kamu sampaikan, tambahkan ilustrasi agar presentasimu terlihat lebih wah. Ilustrasi dapat berbentuk gambar, ikon, maupun infografis sesuai dengan materi yang kamu sampaikan. Dengan menggunakan ilustrasi, presentasi dapat terlihat lebih menarik karena tidak hanya berisi teks-teks yang monoton.

5. Tema

Tema dalam presentasi tidaklah melulu mengenai tata letak, tapi juga mencakup warna, font, maupun layout yang kalian gunakan. Dalam Microsoft PowerPoint, tersedia tema-tema bawaan yang bisa kamu gunakan untuk membuat presentasimu menarik. Selain menggunakan tema bawaan, kalian juga bisa mengunduh tema-tema PowerPoint gratis yang tersedia di internet.

Diatas adalah salah satu contoh slide yang PowerPoint yang dapat kamu contoh dalam membuat presentasi. Judul pada awal slide, Penambahan ilustrasi, dan Penggunaan warna yang senada membuat presentasi lebih wah dan enak di lihat.


Nahh itu dia guys artikel tentang Hal-Hal Yang Penting dan Harus Ada Dalam PowerPoint-mu yang bisa kamu masukin untuk membuat prsentasimu terihat wah, selamat mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar